Inilah spesies dan manfaat bakteri probiotik Orimarru (bag-1)

ENGLISH VERSION

Usus besar mempunyai beberapa fungsi utama, di antaranya adalah: (1) menyimpan dan membuang sisa makanan, (2) menyerap air agar keseimbangan cairan dalam tubuh terjaga, dan (3) mendegradasi bakteri. Pada fungsi yang ketiga ini, maka di dalam usus besar dibutuhkan kandungan bakteri probiotik yang bersahabat dengan jumlah sekitar minimal 85% yang berfungsi untuk berperang melawan perkembangan bakteri yang bersifat jahat, sebagai contoh adalah bakteri E. Coli dan salmonella. Jika jumlah dan keaktifan bakteri jahat ini meningkat, maka seseorang akan mengalami mencret, diare, mual-mual, sulit buang air, sembelit, nyeri lambung dan kembung, sulit menyerap makanan, dan berbagai permasalahan lain yang berhubungan dengan lambung atau perut seseorang.


Pada artikel sebelumnya, tentang detoksifikasi, telah dipaparkan bahwa dalam 1 cc Orimarru ternyata mengandung milyaran bakteri probiotik, yaitu:

Nama bakteri
Jumlah

LACTOBACILUS Sp.

………………………………..

1,5 x 1010 cfu/ml

BPF

……………………………….

2,3 x 1011 cfu/ml

PSEUDOMONAS Sp.

……………………………….

1,1 x 1011 cfu/10ml

AZOTOBANTER Sp.

……………………………….

2,3 x 1011 cfu/1,0ml

RHIZOBIUM Sp.

……………………………….

2,1 x 1011 cfu/0,1ml

SELULOLITIK Sp.

……………………………….

6,0 x 1010 cfu/NilaiMPN/100c

Source: Laboratory of Microbiology UNS

Apa itu spesies mikroba probiotik??

Karena termasuk dalam golongan bakteri, probiotik dikelompokkan oleh para ahli ke dalam genus, spesies dan strain. Contohnya, bakteri probiotik Lactobacillus Casei Shirota merupakan bagian dari genus Lactobacillus, termasuk spesies Casei dan memiliki strain Shirota. Kebanyakan produk minumnan kesehatan fermentasi seperti Orimarru mengandung bakteri dari genus Lactobacillus atau Bifidobacterium, atau termasuk jug dari kelompok genus-genus yang lain, seperti Escherichia, Enterococcus, Bacillus dan Saccharomyces.

Berikut ini kami sajikan contoh beberapa spesies probiotik dan khasiatnya bagi kesehatan tubuh:

  • Bifidobacterium bifidum adalah mikroba positif yang sangat diperlukan dan ditemukan dalam jumlah besar di usus dan mukosa vagina. Mikroba positif ini diperlukan untuk mencegah perkembangbiakan E. coli, salmonella dan clostridium. Mikroba ini juga menghasilkan asam laktat dan asam asetat yang berfungsi menurunkan pH usus dan mencegah perkembangbiakan bakteri negatif (jahat). Penelitian lain pada terkait bakteri ini, menunjukkan bahwa mikroba positif ini mampu merangsang absorsi (penyerapan) unsur-unsur logam yang berbahaya bagi tubuh seperti besi, kalsium, magnesium, dan seng.

  • Bifidobacterium longum adalah mikroba positif yang hidup di dalam usus besar. Riset menunjukkan bahwa bakteri ini berperan untuk meningkatkan nilai gizi asupan berupa makanan, yaitu dengan cara memproduksi vitamin melalui sintesis enzim pencernaan.

  • Bifidobacterium longum juga berpartisipasi membantu pencernaan usus.

  • Bifidobacterium breve membuat berfungsinya sistem pencernaan, membantu menghambat pertumbuhan bakteri jahat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bakteri ini juga berperan penting dalam sintesis vitamin D dan K.

  • Bifidobacterium lactis
    dikenal sebagai penjaga keseimbangan mikroflora usus, mendorong penyerapan nutrisi, merangsang sistem kekebalan tubuh dan mendetoksifikasi usus, darah, dan hati.

  • Lactobacillus acidophilus membantu pencernaan laktosa susu, membuat respon kekebalan tubuh terhadap mikroorganisme yang tidak diinginkan dan membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Banyak publikasi yang menunjukkan bahwa Lactobacillus acidophilus memproduksi zat seperti lactocidine atau acidophiline yang meningkatkan vitalitas dan kekebalan tubuh.

  • Lactobacillus casei merupakan mikroba probiotik yang sudah sejak lama digunakan untuk memfermentasi usus seperti pada produk minuman Yakult. Fungsi utama mikroba ini adalah membatasi pertumbuhan mikroba negatif (jahat) dalam usus.

  • Lactobacillus plantarum memproduksi asam laktat pada saluran pencernaan, sehingga dapat membantu mengurangi kembung pada perut. Mikroba ini juga membantu penyerapan vitamin dan antioksidan serta menghilangkan zat-zat racun yang terkandung pada makanan.

Apakah jumlah bakteri di tubuh kita bisa berkurang?

Jika kita meminum air PAM yang mengandung kaporit, mengonsumi makanan yang telah basi atau tercemar, meminum pil antibiotik, pil KB, dan berbagai macam obat kimia, maka hal-hal tersebut akan menurunkan jumlah mikroba positif yang merupakan sahabat bagi usus dan lambung kita. Sebaliknya, jiia kita mengonsumsi makanan yang merupakan sumber bakteri probiotik seperti tempe, bawang putih, pisang, susu fermentasi, dan lainnya, maka hal ini akan meningkatkan jumlah bakteri positif dalam tubuh.

Ingin tahu berapa jumlah Lactobacillus sp. yang ada pada 1 ml Orimarru?? Jumlahnya adalah 1,5 x 1010 cfu/ml atau setara dengan 15 milyar atau setara dengan yang dikandung 60 botol Yakult. Padahal pada satu botol Orimarru mempunyai isi 300 ml…jadi banyak sekali bukan…?? Mari minum Orimarru dan mari beternak mikroba positif pada tubuh kita …

Lalu, apa fungsi bakteri lain yang juga kaya pada Orimarru seperti BPF, PSEUDOMONAS Sp. , AZOTOBANTER Sp., RHIZOBIUM Sp. , dan SELULOLITIK Sp.??

Maka tunggu saja tulisan kami berikutnya…

Distributor-Agen-Jual ORIMARRU Indonesia, HP:08122967492

PESAN ORIMARRU SEGERA KAMI KIRIM
Rp. 150.000,-/botol-300ml
d.a. Tjahyo Nugroho Adji
HP: 08122967492

Rek. BNI – No. 0174148416 an. Tjahyo Nugroho Rek. MANDIRI – No. 137.000.4960.049 an. Tjahyo Nugroho email: adji@geo.ugm.ac.id
ALAMAT: Perum. Pondok Gemilang A-12, Sendangadi, Mlati, Sleman, Jogjakarta

Social tagging: > > > > > >

Trackbacks/Pingbacks

  1. The species and the benefits of probiotic bacteria Orimarru (part-1)

Leave a Reply


+ 2 = nine