HUKUM MERUSAK HARGA PASAR

Hukum Menjual Barang di Bawah Harga Pasaran

Oleh: Asy Syaikh Abdullah bin Abdurrahim Al Bukhari

Soal: Apa hukum menjual barang dengan harga yang murah (sedikit untung) namun merusak harga karena jauh di bawah harga pasaran?

Jawab: Ditinjau dari asal masalah dan penggambarannya, manusia dibolehkan untuk berbeda dalam harga. Namun bila saya atau si Zaid dari manusia memurahkan harga dengan maksud membahayakan orang lain, maka di sini kita berkata bahwa hal tersebut adalah haram. Karena ia telah menyelisihi suatu nash yang telah tsabit (tetap sah) lagi shahih dari sahabat Abu Said Al Khudri radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam  beliau bersabda,

لاَ ضَرَرَ وَلاَ ضِرَارَ

Tidak ada bahaya bagi diri sendiri, dan tidak ada pembahayaan bagi orang lain.” (Hadits hasan diriwatkan oleh Ibnu Majah)

Kalau dia mengerjakannya dengan maksud ini maka itu adalah haram. Namun kalau ia melakukannya dan tidak memaksudkan sesuatu tertentu, ia hanya ingin untuk membersihkan barang yang ada di gudangnya –misalnya- dan menutup perdagangannya, maka kadang orang yang seperti ini terpaksa untuk menurunkan barangnya sehingga barangnya laku kemudian dia menutup (tokonya). Kita tidak berkata di sini bahwa ia telah melakukan suatu hal yang diharamkan, bahkan pembahayaan tidak terjadi. Apabila dia membahayakan yang lainnya, maka jadilah hal tersebut sebagai perkara yang haram.

Sumber: http://ulamasunnah.wordpress.com

3 Responses to HUKUM MERUSAK HARGA PASAR

  1. Bismillah – Adanya Kesepakatan oleh main distributor seharusnya merupakan kesepakatan bersama yang harus dikuti oleh semua Agen Orimarru. Akan tetapi menginmgat Main distributornya menutup mata melihat banyak yang menjual dibawah harga dengan catatan asal produk dari main distributor keluar/Laku dan tidak memikirkan hajat hidup para Agent Orimaru.
    Demikian pula dengan pembatasan wilayah pemasaran tidak pernah diperhatikan. Mungkin buat Main distributor bagus tapi bagi Agen Babak belur. kapan ini akan berakhir??? Wallahu alam. Salam Pandit

    • adji says:

      Bismillah
      Terimakasih atas masukan bapak Pandit:

      1. Benar pak, memang kesepakatan tsb. harus diikuti oleh semua agen. dan alhamdulillah sampai saat ini agen-agen di bawah kami belum ada laporan terkait perusakan harga jual. Jika memang ada beberapa pihak yg menemukan kejadian di lapangan terkait perusakan harga yang dilakukan oleh agen-agen kami sebagaimana yang daftar/list-nya ada pada web ini, mohon kami segera dilapori dengan format atau informasi sebagai berikut:
      a. Nama agen/toko yang merusak harga;
      b. Berapa harga jual yang rusak tersebut;
      c. Alamat si agen/toko yang merusak harga dan;
      d. Saksi atau bukti jual beli (bisa tanpa kwitansi tapi cukup dengan keterangan lisan/tulisan saksi)

      2. Yang menjadi masalah adalah ketika yang merusak harga adalah agen dari main distributor yang lain, maka jika ada bukti2 sebagaimana point 1,maka insya allah akan kami teruskan kepada main distributor yang lain tsb;

      3. Pembatasan wilayah pemasaran langsung berlaku, yakni sesuai aturan yang disepakati para main distributor tahun lalu, adalah ketika si agen di wilayah tertentu minimal kulakan/membeli 50 karton (1000 botol) per bulan, pada wilayah Kotamadya atau kabupaten. Dan sampai sekarang alhamdulillah sudah ada sekitar 10 lokasi yang mampu belanja di atas 50 dus (1000 btl) per bulan dengan memperoleh harga minimal;

      4. Yang terakhir, semoga ini jadi masukan kepada pihak perusahaan,para distributor, dan para agen, semoga ada perbaikan terkait rusaknya harga ini, dan pada kesempatan ini pula kami menghimbau kepada para penjual Orimarru di manap un kalian berada untuk bertakwa kepada Allah dengan tidak merusak harga yang telah disepakati. Kemudian, kami pula menanti dan menunggu laporan dan bukti-bukti terkait kerusakan harga yang terjadi, jika itu merupakan agen kami maka akan diberikan 1 kali kesempatan dan jika masih terbukti lagi , maka akan dihentikan distribusi-nya, dan laporan akan langsung diteruskan ke pihak perusahaan.

      Jazakumullahu khairan (smg Allah membalsa kebaikan kalian semua)

  2. adji says:

    Bismillah, tambahan faedah,

    Maka bantulah kami untuk menangkap si nakal “perusak harga” Orimarru dengan memberikan data2 nya sebagaimana komentar di atas, sebagai contoh jika dikabarkan atau dikatakan ada agen dari Bogor atau Semarang, atau Tasikmalaya, dll menjual per botol 120 ribu misalnya, maka bantulah kami dengan menyebutkan data-data nama si penjual tersebut, karena jumlah agen Orimarru di Bogor jumlahnya ada lebih dari 10 orang, dan mungkin yang di bawah kita hanya 1 agen saja, dan yang 9 agen lainnya adalah dari distributor lain, maka demikian pentingnya data sebagai bukti.

    Ada pertanyaan lain, mengapa kok bisa ada 10 agen dalam satu wilayah, jawabannya karena belum ada agen yang dapat menguasai wilayah tsb. yakni dengan syarat kulakan 50 dus/karton per bulan, demikian penjelasan.

    Terakhir kami menunggu data-datanya dengan komplit.

    Walhamdulillah

Leave a Reply


× eight = 64